Minggu, 12 Mei 2013

bid'ah adalah sebuah pembaharuan yang di puji dan ada pula yang dicela

bid'ah adalah sebuah pembaharuan yang di puji dan ada pula yang dicela

oleh As Toni (Catatan) pada 10 Mei 2013 pukul 22:03
                                                    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  

وفى المعجم الوجيز (ج1/ص45)
dalam kitab mu'jam al-wajiz juz 1 halaman 45
: "هي ما استحدث فى الدين وغيره تقول بدعه بدعا أي أنشأه على غير مثال سابق"اهـ
bid'ah itu adalah sebuah pembaharuan dalam urusan keagamaan dan selain agama , seperti ucapanmu '' engkau benar-benar telah membuat pembaharuan maksudnya engkau telah membuat sebuah pembaharuan yang tidak dikerjakan orang zaman sebelum dirimu.


  •  وقال النووي في كتاب تـهذيب الأسماء واللغات،
    imam annawawi berfatwa tentang kejelasan '' bid'ah'' dalam kitab tahdzibul asma' wa lughot
    مادة (ب د ع ) ج3/22 ما نصه: "البدعة بكسر الباء في الشرع هي: إحداث ما لم يكن في عهد رسول الله صلّى الله عليه وءاله وسلم، وهي منقسمة إلى حسنة وقبيحة
    bid'ad dengan di baca kasrah huruf ba' dalam pengertian syare'at adalah sebuah pembaharuan yang belum pernah ada di zamannya rasulullah sallallahu alaihi wa alihi wa sallam
    adapun bid'ah ( pembaharuan ) itu ternagi menjadi bid'ah yang bagus dan bid'ah yang tercela
    قال: والطريق في ذلك أن تعرض البدعة على قواعد الشريعة.
    adapun tentang tinjauan bid'ah itu adalah dengan menggunakan qaidah syar'iyyah
    فإن دخلت في قواعد الإِيجاب فهي واجبة،
    apabila bid'ah tersebut termasuk dalam kaedah hukum wajib maka hukumnya bid'ah adalah wajib untuk dilakukan
    أو في قواعد التحريم فمحرّمة،
    atau bid'ah tersebut tergolong sebuah perkara yang masuk qaidah tahrim maka hukum melakukan bid'ah tersebut adalah haram
    أو الندب فمندوبة،
    atau bid'ah tersebut tergolong sebuah perkara yang masuk qaidah sunnah maka hukum melakukan bid'ah tersebut adalah sunnah
    أو المكروه فمكروهة،
    atau bid'ah tersebut tergolong sebuah perkara yang masuk qaidah makruh maka hukum melakukan bid'ah tersebut adalah makruh
    ، أو المباح فمباحة"
    atau bid'ah tersebut tergolong sebuah perkara yang masuk qaidah mubah maka hukum melakukan bid'ah tersebut adalah mubah
    انتهى كلام النووي.
    telah selesai penjelasan fatwa dari al-imam nawawi di atas.

من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد
Barang siapa yang mengada-adakan perkara baru didalam urusan kami ini (AGAMA ISLAM) yang tidak ada dasarnya maka ia tertolak

عن العرباض بن سارية قال: صلى بنا رسول الله ذات يوم ثم أقبل علينا فوعظنا موعظة بليغة ذرفت منها العيون ووجلت منها القلوب، فقال قائل: يا رسول الله كأن هذه موعظة مودع، فماذا تعهد إلينا؟ فقال: أوصيكم بتقوى الله والسمع والطاعة وإن عبدا حبشيا؛ فإنه من يعش منكم بعدي فسيرى اختلافا كثيرا، فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء المهديين الراشدين، تمسكوا بها وعضوا عليها بالنواجذ، وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة
“Dari sahabat ‘Irbadh bin As Sariyyah rodhiallahu’anhu ia berkata: Pada suatu hari Rasulullah shollallahu’alaihiwasallam shalat berjamaah bersama kami, kemudian beliau menghadap kepada kami, lalu beliau memberi kami nasehat dengan nasehat yang sangat mengesan, sehingga air mata berlinang, dan hati tergetar. Kemudian ada seorang sahabat yang berkata: Wahai Rasulullah, seakan-akan ini adalah nasehat seorang yang hendak berpisah, maka apakah yang akan engkau wasiatkan (pesankan) kepada kami? Beliau menjawab: Aku berpesan kepada kalian agar senantiasa bertaqwa kepada Allah, dan senantiasa setia mendengar dan taat ( pada pemimpin/penguasa , walaupun ia adalah seorang budak ethiopia, karena barang siapa yang berumur panjang setelah aku wafat, niscaya ia akan menemui banyak perselisihan. Maka hendaknya kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah Khulafa’ Ar rasyidin yang telah mendapat petunjuk lagi bijak. Berpegang eratlah kalian dengannya, dan gigitlah dengan geraham kalian. Jauhilah oleh kalian urusan-urusan yang diada-adakan, karena setiap urusan yang diada-adakan ialah bid’ah, dan setiap bid’ah ialah sesat.

  • ibnu daqiq telah menjelaskan tentang hadist bid'ah dalam kitab syarah arba'in annawawiyyah
    "اعلم أن المحدث على قسمين: محدث ليس له أصل في الشريعة فهذا باطل مذموم. ومحدث بحمل النظير على النظير فهذا ليس بمذ
    موم
    ketahuilah bahwasanya pembaharuan itu ada dua , yaitu pembaharuan yang sama sekali tidak ber azazkan syare'at maka pembaharuan semacam ini lah yang di hukumi pembaharuan yang bathil dan tercela , sedangkan pembaharuan yang masih selaras dengan asal syare'at maka pembaharuan semacam ini tidaklah tercela
    لأن لفظ "المحدث" ولفظ "البدعة " لا يذمان لمجرد الاسم بل لمعنى المخالفة للسنة والداعي إلى الضلالة ولا يذم ذلك مطلقاً
    karena lafadz al-muhdasu dan lafad al-bid'atu itu bukanlah lafadz yang tercela tapi yang tercela adalah apabila pada lafadz tersebut pelaksanaannya sampai menyelisihi assunnah dan menyeret pada kesesatan , maka dari itulah pada kedua lafadz dalam sabda nabi ini tidak menunjukkan arti tercela secara mutlak.

شروح الحديث
فتح الباري شرح صحيح البخاري
dalam kitab fathul bari ala syarhi sahih bhukari
قال الشافعي " البدعة بدعتان : محمودة ومذمومة ، فما وافق السنة فهو محمود وما خالفها فهو مذموم " أخرجه أبو نعيم بمعناه من طريق إبراهيم بن الجنيد عن الشافعي ،
imam assyafi'i berfatwa : bid'ah itu ada dua '' yaitu bid'ah yang terpuji dan bid'ah yang tercela
adapun bid'ah yang terpuji ialah bid'ah yang selaras dengan hukum sunnah maka bid'ah semacam inilah yang dinamakan bid'ah yang terpuji, sedangkan bid'ah yang menyelisihi sunnah adalah bid'ah yang tercela'' fatwa imam assyafi'i ini diriwayatkan oleh ibrahim bin junaid dari imam assyafi'i
وجاء عن الشافعي أيضا ما أخرجه البيهقي في مناقبه قال " المحدثات ضربان ما أحدث يخالف كتابا أو سنة أو أثرا أو إجماعا فهذه بدعة الضلال ، وما أحدث من الخير لا يخالف شيئا من ذلك فهذه محدثة غير مذمومة "
dan diriwayatkan lagi dari fatwanya imam assyafi'i yang ditakhrij oleh al-baaihaqi dalam kitab manaqib bahwasanya imam assyafi'i berfatwa '' pembaharuan dalam keagamaan itu ada dua yaitu pembaharuan yang menyelisihi alkitab atau menyelisihi assunnah atau astar sohabat atau ijma'nya ulama' maka pembaharuan semacam inilah yang dihukumi pembaharuan yang menyesatkan

sedangkan pembaharuan yang tidak menyelisihi hal hal tadi maka pembaharuan semacam ini tidaklah dicela

. وقسم بعض العلماء البدعة إلى الأحكام الخمسة وهو واضح
dan sebagian para ulama menjelaskan tentang bid'ah dengan membaginya menjadi 5 ketentuan hukum adapun pentaqsiman ini adalah sebuah fatwa yang jelas.

فمما حدث تدوين الحديث ثم تفسير القرآن ثم تدوين المسائل الفقهية المولدة عن الرأي المحض ثم تدوين ما يتعلق بأعمال القلوب ،

dan dari pembaharuan dalam keagamaan adalah dengan adanya pembukuan ilmu hadist dan ilmu tafsir al qur'andan ilmu ilmu ijtihad fiqhiyyah dan pembukuan aaailmu ilmu tentang amaliyah qalby / tasawwuf.

  • dan syehk ibnu abdissalam menjelaskan dalam
    }fatwanya pada kitab al-qaawaid
    : البدعة خمسة أقسام
    bid'ah itu ada 5 ketentuan hukum
    " فالواجبة " كالاشتغال بالنحو الذي يفهم به كلام الله ورسوله لأن حفظ الشريعة واجب ، ولا يتأتى إلا بذلك فيكون من مقدمة الواجب
    Adapun bid'ah yang wajib dilakukan adalah belajar menekuni ilmu nahwu yangmana dengan ilmu nahwu inilahseseorang bisa memahami kallamullah daan kalam rasulnya , dikarenakan menjaga syare'at adalah sebuah kewajiban dan menjaaga syare'at tidak mungkin bisa dilakukan kecuali dengan memahami nahwu maka nahwu paada hakikatnya adalah sebuah hal yang pertaama diwajibkkan agar menghindarkan kesalah fahaman
    " والمحرمة " ما رتبه من خالف السنة من القدرية والمرجئة والمشبهة "
    bid'ah yang kedua adalah bid'ah yang diharamkan untuk dikerjakan yaitu sebuah pembaharuan yang menyelisihi assunnah dari pembaharuan keagamaan yang diciptakan kaum qaddariyyah
    dan murji'ah serta musybihah
    والمندوبة " كل إحسان لم يعهد عينه في العهد النبوي كالاجتماع على التراويح وبناء المدارس والربط والكلام في التصوف المحمود وعقد مجالس المناظرة إن أريد بذلك وجه الله
    bid'ah yang ketiga adalah bid'ah yang di sunnahkan yaitu sebuah kebaikan yang mana pada zaman nabi muhammad tidak pernah dilakukkan seperti berkumpul dalam menjalankan solat tarawih,membangun madrasah , dan pesantren dan berbicara yang terpuji sesuai kaedah tasawwuf ddan mengadakan bahstul masail yang di niati mencari ridhanya allah ta'ala
    " والمباحة " كالمصافحة عقب صلاة الصبح والعصر ،
    dan adakalanya bid'ah yang diperbolehkan seperti bersalaman setelah menjalankan solat subuh dan slat ashar.


قال الشيخ شمس الدين محمد بن أبي الفتح البعلي الحنبلي في كتابه "المطلع على أبواب المقنع"
berfatfalah syehk syamsuddin muhammad bin abil fath al-ba'la yang menjadi pembsarnya madzhab hambaliyyah dalam kitab karya nya - al muthli' ala abwabil muqni' halaman 334
(ص334)
من كتاب الطلاق:
pada kitabuttholaq
"والبدعة مما عُمل على غير مثال سابق،
adapun bid'ah adalah sebuah amalan yang tiada mencontoh amalan orang dahulu
 والبدعة بدعتان: بدعة هدى وبدعة ضلالة،
adapun bid'ah itu sendiri ada yang menuntut pada hidayah ada pula yang menuntun pada kesesatan
 والبدعة منقسمة بانقسام أحكام التكليف الخمسة"اهـ.
sedangkan tafshilnya bid'ah itu terbagi menjadi hukum taklif manusia yang ada lima.


1.

imam annawawi
2.

ibnu daqiq
3.
imam assyafi'i
4.
al-baaihaqi
5.
syehk syamsuddin muhammad bin abil fath al-ba'la
6.
syehk ibnu abdissalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar