Senin, 20 Mei 2013

DAYA KEKUATAN SPIRITUAL YANG diluar hukum adat

oleh As Toni (Catatan) pada 1 April 2013 pukul 3:51
                                          بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
خوارق العادة
hal hal yang diluar jangkauan adat adalah maksudnya sebuah hal yang tidak mengikut adat
semisal adatnya api panas maka dengan khowariqul adat api menjadi tidak panas
atau adatnya pisau itu bisa melukai seseorang namun dengan khawariqul adat menjadi tidak terlukai pisau tadi
yangmana mau masa bodoh ataupun pura pura menutup mata , macam ilmu tadi memanglah ada yang tak bisa dipungkiri di kehidupan dunia ini baik dari sejarah yang pasti maupun dari hal yang kita lihat sendiri dan
itulah maksud dari kalimat خوارق العادة

dalam islam di terangkan rasulullah tentang macam macam ilmu yang seumpama laut itu sangatlah dalam tanpa dasar dan tanpa tepi
dan rasulullah menegaskan bahwa hanya para ulama' lah pewarisnya ( maksudnya pewaris yang mampu meneruskan tonggak dakwah beliau ) dan disini khususnya menjabarkan sebuah ilmu yang dinama kan خوارق العادة  para ulama al-warasatul ambiya'
menuturkan tentang hal tersebut dalam fatwa fatwa mereka yaitu :

خوارق العادة على أربعة أقسام
khowariqul adat ( kekuatan spiritual/ghaib) itu terbagi menjadi 4
 المعجزة المقرونة دعوى النبوة المعجوز عن معارضتها
1. MU'JIZAT : yaitu sebuah kekuatan / keistimewaan diluar akal yang hanya dimiliki oleh rasul yang memiliki mandat kenabian yang mana dengan mukjizat inilah rasul menghadapi musuh musuh nya
 الحاصلة بغير اكتساب وتعلم
adapun mukjizat ini adalah sebuah  anugerah ilmu /kekuatan yang dimiliki tanpa  adanya proses usaha (ritual) serta tanpa adanya proses belajar dahulu
2. والكرامة وهى ما تظهر على يد كامل المتابعة لنبيه
adapun karamah yaitu sebuah keistimewaan yang dimiliki manusia yang secara sempurna mampu meneladani perintah syare'at nabinya
 من غير تعلم ومباشرة أعمال مخصوصة
dan karamah ini adalah sebuah anugerah kekuatan yang dimiliki tanpa adanya proses belajar serta tanpa adanya proses ritual ritual amalan tertentu
 وتنقسم إلى ما هو إرهاص وهو ما يظهر على يد النبى قبل دعوى النبوة
dan karamah tadi dibagi menjadi dua yaitu pertama dinamakan IRHAS : adapun irhas adalah sebuah keistimewaan yang di anugerahkan kepada calon nabi sebelum beliau menerima wahyu kenabiannya
 وما هو معونة وهو ما يظهر على يد المؤمن الذى لم يفسق ولم يغتر به
adapun pembagian karamah yang kedua itu dinamakan MA'UNAH yaitu sebuah anugerah spiritual yang diberikan kepada hamba yang beriman yang tidak melakukan kefasikan serta tidak terjerumus dalam ghurur


 والاستدراج هو ما يظهر على يد الفاسق المغتر
3.khawariqul adat yang nomor tiga adalah ISTIDRAJ yaitu sebuah kekuatan spiritual yang dimiliki orang fasiq atau orang yang terjerumus dalam ghurur
 والسحر وهو ما يحصل بتعلم ومباشرة سبب على يد فاسق أو كافر
4.khawariqul adat yang terakhir adalah bernama SIHIR yaitu sebuah kekuatan spiritual yang diperoleh dengan cara ritual-ritual tertentu dan dikuasakan pada diri orang yang fasiq atau orang kafir

fatwa tadi direferensikan dari kitab بغية المسترشدين ص: 298-299
bughyatul mustarsyidin halaman 298-299.


الأنوار الحديثية ص: 43
dalam kitab al-anwar alhadisiyyah halaman 43 dijelaskan sbb :

فإن كان وليا فهي كرامة
apabila keistimewaan spiritual itu dimiliki wali maka itulah yang dinamakan karamah
وإن كان من العوام فهي معونة
dan apabila keistimewaan spiritual itu dimiliki awam maka itu dinamakan ma'unnah

غاية البيان ص: 14
dalam kitab ghayatul bayan halaman 14 ditegaskan lebih lanjut

وقد تظهر الخوارق من قبل عوام المسلمين تخليصا لهم من المحن والمكاره وتسمى معونة
dan terkadang kemampuan spiritual itu dianugerahkan kepada orang islam yang awam yangmana dengan anugerah tersebut orang awam tadi mendapatkan jalan keluar/solusi untuk mengatasi cobaan dan hal hal pahit dalam  hidupnya adapun anugerah kekuatan spiritual ini dinamakan dengan nama MA'UNAH.

KESIMPULAN :
1.MUKJIZAT ITU ADALAH SEBUAH KEKUATAN SPIRITUAL YANG DILUAR LOGIKA DAN HANYA DIMILIKI PARA NABI DAN MEMILIKI NYA PUN TIDAK MELALUI PROSES BELAJAR ATAUPUN RITUAL.

2.KARAMAH : ITU ADALAH SEBUAH KEKUATAN SPIRITUAL YANG DILUAR LOGIKA DAN HANYA DIMILIKI PARA MANUSIA MANUSIA YANG BER ISTIQAMAH UNTUK MENJALANKAN -MENELADANI NABINYA DAN MANUSIA MANUSIA INI LAH YANG DINAMAKAN AULIYA' / WALI-WALI ALLAH ,
DAN MEMILIKI NYA PUN TIDAK MELALUI PROSES BELAJAR ATAUPUN RITUAL.

A.IRHAS : ITU ADALAH SEBUAH KEKUATAN SPIRITUAL YANG DILUAR LOGIKA DAN HANYA DIMILIKI MANUSIA YANG BAKALNYA MENERIMA WAHYU KENABIAN  DAN MEMILIKI NYA PUN TIDAK MELALUI PROSES BELAJAR ATAUPUN RITUAL.

B.MAUNAH : ITU ADALAH SEBUAH KEKUATAN SPIRITUAL YANG DILUAR LOGIKA DAN HANYA DIMILIKI MUSLIMIN AWAM YANG TIDAK ITU ADALAH SEBUAH KEKUATAN SPIRITUAL YANG DILUAR LOGIKA DAN HANYA DIMILIKI SERTA TIDAK TERJERUMUS DALAM GHURUR YANGMANA ANUGERAH KELEBIHAN ILMU INILAH YANG MENJADI SOLUSI KERUMITAN KERUMITAN COBAAN HIDUPNYA
DAN MEMILIKI NYA PUN TIDAK MELALUI PROSES BELAJAR ATAUPUN PROSES  RITUAL.

3.ISTIDRAJ : ITU ADALAH SEBUAH KEKUATAN SPIRITUAL YANG DILUAR LOGIKA DAN HANYA DIMILIKI MANUSIA
 FASIQ DAN TERJERUMUS DALAM GHURUR DAN MEMILIKI NYA PUN TIDAK MELALUI PROSES BELAJAR ATAUPUN PROSES  RITUAL.

4.SIHIR :
ITU ADALAH SEBUAH KEKUATAN SPIRITUAL YANG DILUAR LOGIKA DAN HANYA DIMILIKI MANUSIA
 FASIQ DAN MANUSIA KAFIR DAN IA BERHASIL MEMILIKI NYA HARUS DENGAN MELALUI PROSES BELAJAR ATAUPUN PROSES  RITUAL RITUAL TERTENTU .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar