Minggu, 12 Mei 2013

bid'ah adalah sebuah pembaharuan yang di puji dan ada pula yang dicela juz 2

As Toni (Catatan) pada 13 Mei 2013 pukul 1:09
                                                               بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  


  • firman Allah:
    "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu (QS. 5:3)
    أنَّ مَعْناها أنَّ قواعِدَ الدِّينِ تَمَّت،
    sesungguhnya makna ayat ini adalah qaidah islam telah sempurna
    قالَ القُرطُبِيُّ في تَفْسيرِهِ: "وَقالَ الْجُمْهُورُ: الْمُرادُ مُعْظَمُ الفَرَائِضِ والتَّحليلِ والتَّحْريمِ،
    dan imam al-qurtuby menjelaskan tafsir ayat di atas pada tafsir alqurtuby yaitu : para pembesar ulama telah berfatwa bahwasanya maksud dari ayat di atas adalah sebagian besar qaidah hukum fardhu/wajib dan hukum halal-haram telah sempurna
    قالوا: وقَد نَزَلَ بَعْدَ ذَلِكَ قُرءانٌ كثيرٌ، ونَزَلَتْ ءايةُ الرِّبا وَنَزَلَت ءايةُ الكَلالَةِ إلى غَيْرِ ذَلِكَ". ثُمَّ إِنَّ هَذِهِ الآيَةَ لَيْسَتْ هِيَ ءاخِرَ ءايَةٍ نَزَلَت مِنَ القُرءانِ
    dan setelah turunnya ayat ini , ayat-ayat alqur'an masih banyak yang diturunkan pada rasulullah yaitu ayat tentang pembahasan hukum riba dan masalah kalalah dan selainnya , maka dari itulah ayat
    : ﴿ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ ﴾ [سورة المائدة، 3]:
    firman Allah:
    "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu (QS. 5:3)
    itu bukanlah ayat yang turun terakhir
    بَلْ ءاخِرُ ءايَةٍ نَزَلَتْ هِيَ قولُهُ تعالى
    sebab ayat al qur'an yang turunnya paling terakhir adalah
    firmannya allah

    وَاتَّقُوا يَوْماً تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لا يُظْلَمُونَ
    (البقرة:281)
    “ Dan peliharalah diri kalian dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kalian semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikit pun tidak didzalimi.” (Al Baqarah : 281)

    ذَكَرَ ذَلِكَ القُرطُبِيُّ في تَفْسيرِهِ عَنِ ابنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُما.
    al-qurtuby menjelaskan tentang tafsir ayat di atas berlandaskan riwayat dari ibnu abbas radhiallahu anhuma.

من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد
Barang siapa yang mengada-adakan perkara baru didalam urusan kami ini (AGAMA ISLAM) yang tidak ada dasarnya maka ia tertolak.
  • 1- قال الشيخ ابن عابدين الحنفي في حاشيته (1/376):
    syehk ibnu abidin pembesar madzhab hanafy telah menjelaskan makna bid'ah pada hadist rasulullah dalam
    kitab hasiyyahnya juz 1 halaman 376
    "فقد تكون البدعة واجبة كنصب الأدلة للرد على أهل الفرق الضالة، وتعلّم النحو المفهم للكتاب والسنة،
    dan bid'ah itu ada yang termasuk wajib untuk dikerjakan muslimin seperti mengukuhkan dalil dalil untuk membentengi dari aliran - aliran sesat , dan mempelajari ilmu nahwu yang bisa menghantarkan memahami al-qur'an dan assunnah
    ومندوبة كإحداث نحو رباط ومدرسة، وكل إحسان لم يكن في الصدر الأول
    dan bid'ah itu ada yang termasuk sunnah untuk dikerjakan seperti membangun pondok pesantren dan madrasah/ sekolahan dan setiap kebajikan yang pada zaman rasulullah belum dicontohkan.
  • telah berfatwa badruddin al-aini fi syarhi sahih al-bhukary juz 11 halaman 126
    "والبدعة في الأصل إحداث أمر لم يكن في زمن رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم البدعة على نوعين، إن كانت مما تندرج تحت مستحسن في الشرع فهي بدعة حسنة
    adapun bid'ah adalah sebuah perkara yang tidak pernah ada di zamannya rasulullah sallallahu alaihi wa sallam , adapun bid'ah / pembaharuan itu ada dua kategori , yang pertama adalah bid'ah yang masih tergolong kebaikan dalam koridor syare'at maka inilah yang dimaksudkan dengan bid'ah yang bagus/ hasanah
    وإن كانت مما يندرج تحت مستقبح في الشرع فهي بدعة مستقبحة"انتهى.
    namun apabila bid'ah itu sendiri tergolong keburukan dalam koridor syare'at maka itulah yang dimaksudkan dengan bid'ah yang jelek.


1- قال محمد الزرقاني المالكي في شرحه للموطأ (ج1/238)
syehk muhammad azzarqany pembesarnya madzhab malikiyyah menjelaskan tentang bid'ah dalam kitab syarah muwatta' juz 1 halaman 238
وهي لغة ما أُحدث على غير مثال سبق
adapun pengertian bid'ah secara bahasa adalah membuat pembaharuan yang tidak mencontoh
perbuatan orang yang telah dahulu
وتطلق شرعًا على مقابل السنة وهي ما لم يكن في عهده صلى اللّه عليه وسلم،
sedangkan pengertian bid'ah secara syare'at adalah sebuah pekerjaan pembaharuan yang tidak ada dalam perintah sunnah serta tidak pernah ada di zamannya
nabi muhammad sallallahu alaihi wa sallam
ثم تنقسم إلى الأحكام الخمسة. انتهى
dan bid'ah / pembaharuan itu sendiri terbagi menjadi 5 ketentuan hukum : wajib-sunnah-makruh-mubah-haram.



- قال أبو حامد الغزالي في كتابه إحياء علوم الدين، كتاب ءاداب الأكل ج2
abu hamid al-ghazaly memfatwakan dalam kitab ihya' ulumuddin pada kitab adabul akli juz 2
ما نصه: فليس كل ما أبدع منهيا بل المنهي بدعة تضاد سنة ثابتة وترفع أمرا من الشرع مع بقاء علته
tidaklah semua bid'ah itu dilarang syare'at , bid'ah yang dilarang itu adalah bid'ah/pembaharuan yang bertentangan dengan ketetapan sunnah dan tidak berlandaskan syare'at
yang illat'nya tidak bisa dibenahi.



قال النووى فى شرحه على صحيح مسلم"(6/154-155)
imam annawawi memfatwakan tentang kejelasan makna bid'ah dalam hadist rasulullah pada kitab syarah sahih muslim halaman 154-155 juz 6
قال العلماء: البدعة خمسة أقسام: واجبة، ومندوبة، ومحرَّمة، ومكروهة، ومباحة.
para ulama telah menjelaskan hukum bid'ah menjadi 5 macam yaitu hukum wajib,sunnah,haram,makruh,dan mubah
فمن الواجبة: نظم أدلَّة المتكلّمين للرَّدّ عَلَى الملاحدة والمبتدعين وشبه ذلك.
adapun bid'ah yang wajib adalah menyusun kan dalil dalil ketauhidan ( mutakallimin) untuk membentengi dari pengaruh faham mulhid dan faham bid'ah dan selainnya
ومن المندوبة: تصنيف كتب العلم وبناء المدارس والرّبط وغير ذلك.
adapun bid'ah/pembaharuan yang sunnah itu seperti menyusun kan ilmu pada sebuah kitab , dan membangun madrasah/sekolahan dan membangun pesantren dan selainnya

والحرام والمكروه ظاهران،
adapun bid'ah yang haram dan makruh itu
sudah jelas contoh-contohnya
وقد أوضحت المسألة بأدلَّتها المبسوطة في (تـهذيب الأسماء واللُّغات)
dan aku ( imam annawawi) telah menjelaskan masalah makna bid'ah tersebut secara rinci berikut dalil-dalilnya secara luas dalam kitab tahdzibul asma' wa lughot.




الحافظ أحمد بن حجر العسقلاني في الفتح (ج4/298):
al-hafidz ahmad ibn hajar al-asqalany berfatwa dalam fathul barri juz 4 halaman 298 dalam menjelaskan makna bid'ah dalam sabda rasulullah
والبدعة أصلها ما أحدث على غير مثال سابق، وتطلق في الشرع في مقا
بل السنة فتكون مذمومة،
adapun bid'ah pada pengertian asal adalah sebuah perbuatan pembaharuan yang tidak ada contoh nya pada orang dahulu , adapun dalam pengertian syare'at islam bid'ah adalah sebuah hal yang berlawanan dengan assunnah
والتحقيق إن كانت مما تندرج تحت مستحسن في الشرع فهي حسنة،
adapun kejelasannya secara hakikat bahwasanya bid'ah adalah sebuah perkara pembaharuan yang apabila sesuai dalam koridor kebaikan syare'at islam maka bid'ah akan dihukumi bagus
وإن كانت مما تندرج تحت مستقبح في الشرع فهي مستقبحة
namun apabila bid'ah/pembaharuan tersebut termasuk dalam koridor keburukan dalam kacamata syare'at maka bid'ah
tersebut hukumnya adalah jelek
وإلا فهي من قسم المباح
namun apabila tidak termasuk kategori dua kaedah tadi maka bid'ah hukumnya adalah mubah
وقد تنقسم إلى الأحكام الخمسة.انتهى
dan bid'ah sendiri secara tafshilnya terbagi
menjadi 5 hukum dalam syare'at islam.


-قال ابن الأثير فى "النهاية فى غريب الحديث"(1/106- 107):
ibnu asir memfatwakan dalam kitab annihayah dalam menjelaskan makna bid'ah dalam hadist rasulullah pada halaman 106-107 juz 1
البدعة بِدْعَتَان: بدعة هُدًى، وبدعة ضلال،
bid'ah itu ada dua kateg
ori yaitu bid'ah yang menuntun pada hidayah dan bid'ah yang menyeret pada kesesatan
فما كان في خلاف ما أمَر اللّه به ورسوله صلى اللّه عليه وسلم فهو في حَيّز الذّم والإنكار،
adapun bid'ah/pembaharuan yang menyelisihi perintah allah dan rasulnya maka perkara tersebut
termasuk perkara yang tercela dan mungkar
وما كان واقعا تحت عُموم ما نَدب اللّه إليه وحَضَّ عليه اللّه أو رسوله فهو في حيز المدح،
adapun bid'ah / pembaharuan yang masih berasaskan sunnatullah atau rasulnya maka perkara ini hukumnya adalah terpuji

كل مُحْدَثة بدعةٌ، إنما يريد ما خالف أصول الشريعة ولم يوافق السُّنَّة.اهـ
adapun hadist '' setiap pembaharuan adalah bid'ah yang sesat '' maksudnya itu adalah pembaharuan yang menyelisihi ushulussyare'at dan menyelisihi assunnah.




  • dalam kitab tuhfatul labib
    الدَّليلُ مِنْ أَقوالِ وأفعالِ الْخُلَفاءِ الرَّاشدينَ على البِدْعَةِ الْحَسَنَةِ
    ini adalah dalil-dalil ucapan-perbuatan dari para khulafa'urrasyidin yang mempraktekkan bid'ah yang baik
    : فَقَدْ أَحْدَثَ الخُلَفاءُ الرَّاشدُونَ الْمَرْضِيُّونَ أَشْياءَ لَمْ يَفْعَلْها الرَّسولُ صلى الله عليه وسلم
    sungguh para khulafa'urrasyidin al mardhiyyun telah mencontohkan tentang pembaharuan/ bid'ah hasanah yangmana perbuatan ini tidak prnah dilakukan di zaman hidupnya rasulullah sallallahu alaihi wa sallam
    فَهَذا أبو بَكْرٍ الصِّديقُ يَجْمَعُ القُرءانَ ويُسَمِّيهِ بِالْمُصْحَفِ،
    adapun praktek bid'ah hasanah adalah seperti sahabat abu bakar assiddiq telah menyusun ayat -ayat al qur'an dan beliau menamainya dengan nama mushaf
    وهَذا عُمَرُ بنُ الْخطَّابِ يَجْمَعُ النَّاسَ في صلاةِ التَّراويحِ على إمامٍ واحِدٍ وَيَقولُ عَنْها: "نِعْمَتِ البِدْعَةُ هَذِهِ"،
    sedangkan sahabat umar bin khattab telah mengumpulkan para manusia ( muslimin ) menjadi satu untuk melakukan solat tarawih secara berjama'ah dengan dipimpin seorang imam dan beliau menuturkan bahwa perbuatan ini adalah
    sebaik-baiknya bid'ah / pembaharuan
    وهَذا عُثمانُ بنُ عَفَّانَ يأمُرُ بِالأَذانِ الأوَّلِ لِصَلاةِ الْجُمَعَةِ،
    adapun sahabat ustman memerintahkan muslimin agar menjalankan bid'ah / pembaharuan yang baik yaitu mengumandangkan adzan pertama pada solat jum'at
    وهَذا الإمامُ عليٌّ يُنْقَطُ الْمُصْحَفُ وَيُشَكَّلُ في زمانِهِ على يَدِ يَحْيى بنِ يَعْمَرَ،
    sedangkan al-imam aly memerintahkan yahya bin ya'mar agar mengerjakan bid'ah/ pembaharuan yang baik yaitu dengan memberikan nuqtah / titik dan harakat dalam huruf-hurufnya al-qur'an
    وهَذا عُمَرُ بنُ عَبِدِ العزيزِ يعْمَلُ الْمَحارِيبَ والْمآذِنَ لِلْمَساجِدِ. كُلُّ هَذِهِ لَمْ تَكُنْ في زَمانِ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم
    adapun umar bin abdul aziz memerintahkan para muslimun agar bergiat berjihad / berperang pada negara-negara yang harby serta beliau juga memerintah muslimun agar mendirikan masjid-masjid yang banyak , yangmana kesemua ini tidak pernah diperintahkan rasulullah shallallahu alaihi wa sallam untuk dikerjakan pada zaman hidup beliau

فَجَمْعُ الْمُصْحَفِ وَنَقْطُهُ وتَشْكيلُهُ عَمَلُ خَيرٍ مَعَ أنَّهُ صلى الله عليه وسلم ما نَصَّ عليهِ ولا عَمِلَهُ.
dan telah menjadi mafhum bahwasanya membuat sebuah kumpulan mushaf dan memberikan harakat pada huruf-huruf al-qur'an adalah sebuah perbuatan baik yangmana rasulullah sallallahu alaihi wa sallam tidak pernah memerintahkan dan tidak pernah mengerjakan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar