As Toni
(Catatan)
pada 7 Mei 2013 pukul 5:16
بِسْمِ اللَّهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
orang bodoh dan orang yang cerdas yang pondasi tauhidnya tidak kuat
maka
ilmu yang membahayakan itu haram untuk dipelajarinya
قويشنى منطق ص: 9 - 10
dalam kitab quwaisyany manthiq halaman 9-10
. ( قوله والقولة المشهورة الصحيحة جوازه ) أى الاشتغال به (لكل القريحة) أى ذكى الفطنة ( ممارس السنة والكتاب )
menurut qaul / fatwa yang masyhur bahwa sanya diperbolehkan bergiat mempelajari ilmu mantiq/ logika bagi orang yang otaknya cerdas yang tidak mudah terperdaya yang selalu berlandaskan jiwa assunnah dan al qur'an
فيجوز له ( ليهتدى به إلى الصواب ) ضد الخطاء لأنه قد حصن عقيدته فلا يخشى عليه من الحوض فى الشبه
maka untuk orang semacam tadi diperbolehkan bergiat mempelajari ilmu mantiq karena dia sudah mendapatkan petunjuk pada kebenaran dan karena aqidah orang semacam tadi sudah kuat / terjaga maka tidak perlu takut / mencemaskan padanya dari terjatuhnya dalam jurang syubhat
فإن كان بليدا أو ذكيا ولم يمارس السنة والكتاب لم يجز له الاشتغال به
dan barang siapa yang masih bodoh yang tidak berjiwa assunnah dan al qur'an atau pintar yang tidak berjiwa assunnah dan al qur'an maka dia tidak diperkenankan bergiat mempelajari ilmu logika
لأنه لم يؤمن عليه من تمكن بعض الشبه من قلبه كما وقع للمعتزلة.
karena orang semacam ini tidak ada pondasi kokoh dan memungkinkan hatinya akan terpengaruh syubhat seperti yang telah dialami kaum mu'tazilah
ومن هنا منعوا الاشتغال بكتب علم الكلام المشتملة على تخليطات الفلاسفة إلا المتبحر
maka dari itulah tidak diperbolehkan mempelajari ilmu kalam yang telah tercampuri pemikiran filsafat kecuali bagi orang orang yang keilmuannya sudah dalam.
الشرقاوى الجزء الثانى ص: 385 الحرمين
dalam kitab assyarqawi juz 2 halaman 385 cetakan al-haramain
وتعلمه لغرض شرعى كأن يتعلمه ليجتنبه لا يقتضى الكفر ولا الحرمة بل هو جائز
mempelajari ilmu sihir apabila ada niat yang dibenarkan syare'at : seperti mempelajarinya agar terhindar dari pengaruh buruknya sihir ( menangkal sihir ) maka kondisi semacam ini tidak dihukumi kafir dan juga tidak haram malah hukumnya adalah jaiz / boleh
حينئذ كما قال أبو نواس
adapun hal semacam tadi itulah yang selaras dengan untaian syair yang di kemukakan abu nawas
: عرفت الشر لا للشر لكن لتوقيه + ومن لا يعرف الشر من الناس يقع فيه.
ketahuilah keburukan bukan untuk melakukan keburukan tapi agar engkau terjaga dari keburukan
barangsiapa tidak tahu keburukan nya para manusia maka niscaya suatu saat ia akan jatuh terperdaya kedalam keburukan itu
2. المجموع ج: 9 ص: 240
dalam kitab al majmu' syarah muhadzab juz 9 halaman 240
فرع قال أصحابنا يجوز بيع كتب الحديث والفقه واللغة والأدب والشعر المباح المنتفع به وكتب الطب والحساب وغيرهما، مما فيه منفعة مباحة
para ashabuna assyafi'iyyah telah mem fatwakan tentang bolehnya menjual kitab ( buku ) yang berisi ilmu hadist dan fiqh , lughot dan ilmu tata kerama dan ilmu sya'ir yang mubah yang memberikan kemanfaatan
dan diperbolerhkan juga menjual kitab yang berisi ilmu kedokteran dan hisab dan selainnya yang mana didalam ilmu tersebut memang memberikan kemanfaatan dalam agama
قال أصحابنا ولا يجوز بيع كتب الكفر، لأنه ليس فيها منفعة مباحة بل يجب إتلافها
para ashabuna assyafi'iyyah juga telah memfatwakan bahwa tidak diperbolehkan ( haram ) menjual buku yang yang berisi ilmu kekafiran , karena di dalam buku tersebut tiada manfaat yang diperbolehkan syare'at
malah buku buku semacam itu haruslah di musnahkan
وهكذا كتب التنجيم والفلسفة وغيرها من العلوم الباطلة المحرمة، فبيعها باطل، لأنه ليس فيها منفعة مباحة، والله تعالى أعلم
begitujua yang perlu diketahui bahwa di haramkan berjualan buku buku yang berisi ramalan zodiak perbintangan dan buku buku yang berisi doktrin filsafat dan selainnya dari ilmu ilmu yang bathil yang diharamkan
maka dari itulah menjualnya dihukumi haram karena di dalam buku buku tadi tidak ada kemanfaatan yang diperkenankan syare'at.
3. مغنى المحتاج الجزء الثانى ص: 12
dalam kitab mughni al muhtaj juz 2 halaman 12
ولا يصح بيع كتب الكفر والسحر والتنجيم والفلسفة كما جزم به في المجموع قال بل يجب إتلافها لتحريم الاشتغال بها إهـ
tidak sah berjualan buku buku yang memuat ilmu kekafiran dan ilmu sihir dan zodiak ramalan perbintangan dan filsafat seperti fatwa yang telah di rumuskan dalam kitab al majmu' syarah muhadzab
dan imam annawawi berfatwa : bahkan wajib untuk meniadakan buku buku semacam itu karena keharaman mendalami keilmuwan nya buku tersebut
فوائد المكية ص: 19 الهداية
dalam kitab fawaidul makiyyah halaman 19 cetakan alhidayah
والحاصل تحريم جميع العلوم الباطلة وضابطها كما قال الإمام الرافعى فى شرح الوجيز
adapun rumusannya : yaitu seluruh ilmu ilmu yang berisi ajaran ke bathilan itu haram ( untuk dipelajari ) seperti yang telah difatwakan oleh al imam arrafi'i dalam kitab syarah wajiz
كل علم يشتمل على عقيدة باطلة أو تخييل أو تدليس أو ضرر أو دعوى علم غيب أو نهى عنه الشرع فهو حرام.
yaitu seluruh ilmu yang berisikan keyakinan bathil atau ilmu yang berisi tipu daya ataupun pencampuran yang baik dan benar atau ilmu yang membahayakan atau ilmu yang mengaku dapat membuka alam ghaib atau ilmu yang dilarang syare'at maka ilmu ilmu ini hukumnya adalah haram untuk dipelajari.
حاشية الجمل على المنهج الجزء الثالث ص : 26 دار الفكر
hasiyah jamal ala minhaj juz 3 halaman 26 cetakan darul fikr
وهل العبرة فى النفع بالمتعاطى له حتى لو كان القدر الذى يتناوله لا يضره لاعتياده عليه ويضر غيره لم يحرم أو العبرة بغالب الناس فيحرم ذلك عليه وإن لم يضره فيه نظر والأقرب الثانى اهـ ع ش عليه.
adapun tentang ukuran membahayakan atau memberi manfaatnya sebuah ilmu itu tolok ukurnya adalah keumumannya manusia
orang bodoh dan orang yang cerdas yang pondasi tauhidnya tidak kuat
maka
ilmu yang membahayakan itu haram untuk dipelajarinya
قويشنى منطق ص: 9 - 10
dalam kitab quwaisyany manthiq halaman 9-10
. ( قوله والقولة المشهورة الصحيحة جوازه ) أى الاشتغال به (لكل القريحة) أى ذكى الفطنة ( ممارس السنة والكتاب )
menurut qaul / fatwa yang masyhur bahwa sanya diperbolehkan bergiat mempelajari ilmu mantiq/ logika bagi orang yang otaknya cerdas yang tidak mudah terperdaya yang selalu berlandaskan jiwa assunnah dan al qur'an
فيجوز له ( ليهتدى به إلى الصواب ) ضد الخطاء لأنه قد حصن عقيدته فلا يخشى عليه من الحوض فى الشبه
maka untuk orang semacam tadi diperbolehkan bergiat mempelajari ilmu mantiq karena dia sudah mendapatkan petunjuk pada kebenaran dan karena aqidah orang semacam tadi sudah kuat / terjaga maka tidak perlu takut / mencemaskan padanya dari terjatuhnya dalam jurang syubhat
فإن كان بليدا أو ذكيا ولم يمارس السنة والكتاب لم يجز له الاشتغال به
dan barang siapa yang masih bodoh yang tidak berjiwa assunnah dan al qur'an atau pintar yang tidak berjiwa assunnah dan al qur'an maka dia tidak diperkenankan bergiat mempelajari ilmu logika
لأنه لم يؤمن عليه من تمكن بعض الشبه من قلبه كما وقع للمعتزلة.
karena orang semacam ini tidak ada pondasi kokoh dan memungkinkan hatinya akan terpengaruh syubhat seperti yang telah dialami kaum mu'tazilah
ومن هنا منعوا الاشتغال بكتب علم الكلام المشتملة على تخليطات الفلاسفة إلا المتبحر
maka dari itulah tidak diperbolehkan mempelajari ilmu kalam yang telah tercampuri pemikiran filsafat kecuali bagi orang orang yang keilmuannya sudah dalam.
الشرقاوى الجزء الثانى ص: 385 الحرمين
dalam kitab assyarqawi juz 2 halaman 385 cetakan al-haramain
وتعلمه لغرض شرعى كأن يتعلمه ليجتنبه لا يقتضى الكفر ولا الحرمة بل هو جائز
mempelajari ilmu sihir apabila ada niat yang dibenarkan syare'at : seperti mempelajarinya agar terhindar dari pengaruh buruknya sihir ( menangkal sihir ) maka kondisi semacam ini tidak dihukumi kafir dan juga tidak haram malah hukumnya adalah jaiz / boleh
حينئذ كما قال أبو نواس
adapun hal semacam tadi itulah yang selaras dengan untaian syair yang di kemukakan abu nawas
: عرفت الشر لا للشر لكن لتوقيه + ومن لا يعرف الشر من الناس يقع فيه.
ketahuilah keburukan bukan untuk melakukan keburukan tapi agar engkau terjaga dari keburukan
barangsiapa tidak tahu keburukan nya para manusia maka niscaya suatu saat ia akan jatuh terperdaya kedalam keburukan itu
2. المجموع ج: 9 ص: 240
dalam kitab al majmu' syarah muhadzab juz 9 halaman 240
فرع قال أصحابنا يجوز بيع كتب الحديث والفقه واللغة والأدب والشعر المباح المنتفع به وكتب الطب والحساب وغيرهما، مما فيه منفعة مباحة
para ashabuna assyafi'iyyah telah mem fatwakan tentang bolehnya menjual kitab ( buku ) yang berisi ilmu hadist dan fiqh , lughot dan ilmu tata kerama dan ilmu sya'ir yang mubah yang memberikan kemanfaatan
dan diperbolerhkan juga menjual kitab yang berisi ilmu kedokteran dan hisab dan selainnya yang mana didalam ilmu tersebut memang memberikan kemanfaatan dalam agama
قال أصحابنا ولا يجوز بيع كتب الكفر، لأنه ليس فيها منفعة مباحة بل يجب إتلافها
para ashabuna assyafi'iyyah juga telah memfatwakan bahwa tidak diperbolehkan ( haram ) menjual buku yang yang berisi ilmu kekafiran , karena di dalam buku tersebut tiada manfaat yang diperbolehkan syare'at
malah buku buku semacam itu haruslah di musnahkan
وهكذا كتب التنجيم والفلسفة وغيرها من العلوم الباطلة المحرمة، فبيعها باطل، لأنه ليس فيها منفعة مباحة، والله تعالى أعلم
begitujua yang perlu diketahui bahwa di haramkan berjualan buku buku yang berisi ramalan zodiak perbintangan dan buku buku yang berisi doktrin filsafat dan selainnya dari ilmu ilmu yang bathil yang diharamkan
maka dari itulah menjualnya dihukumi haram karena di dalam buku buku tadi tidak ada kemanfaatan yang diperkenankan syare'at.
3. مغنى المحتاج الجزء الثانى ص: 12
dalam kitab mughni al muhtaj juz 2 halaman 12
ولا يصح بيع كتب الكفر والسحر والتنجيم والفلسفة كما جزم به في المجموع قال بل يجب إتلافها لتحريم الاشتغال بها إهـ
tidak sah berjualan buku buku yang memuat ilmu kekafiran dan ilmu sihir dan zodiak ramalan perbintangan dan filsafat seperti fatwa yang telah di rumuskan dalam kitab al majmu' syarah muhadzab
dan imam annawawi berfatwa : bahkan wajib untuk meniadakan buku buku semacam itu karena keharaman mendalami keilmuwan nya buku tersebut
فوائد المكية ص: 19 الهداية
dalam kitab fawaidul makiyyah halaman 19 cetakan alhidayah
والحاصل تحريم جميع العلوم الباطلة وضابطها كما قال الإمام الرافعى فى شرح الوجيز
adapun rumusannya : yaitu seluruh ilmu ilmu yang berisi ajaran ke bathilan itu haram ( untuk dipelajari ) seperti yang telah difatwakan oleh al imam arrafi'i dalam kitab syarah wajiz
كل علم يشتمل على عقيدة باطلة أو تخييل أو تدليس أو ضرر أو دعوى علم غيب أو نهى عنه الشرع فهو حرام.
yaitu seluruh ilmu yang berisikan keyakinan bathil atau ilmu yang berisi tipu daya ataupun pencampuran yang baik dan benar atau ilmu yang membahayakan atau ilmu yang mengaku dapat membuka alam ghaib atau ilmu yang dilarang syare'at maka ilmu ilmu ini hukumnya adalah haram untuk dipelajari.
حاشية الجمل على المنهج الجزء الثالث ص : 26 دار الفكر
hasiyah jamal ala minhaj juz 3 halaman 26 cetakan darul fikr
وهل العبرة فى النفع بالمتعاطى له حتى لو كان القدر الذى يتناوله لا يضره لاعتياده عليه ويضر غيره لم يحرم أو العبرة بغالب الناس فيحرم ذلك عليه وإن لم يضره فيه نظر والأقرب الثانى اهـ ع ش عليه.
adapun tentang ukuran membahayakan atau memberi manfaatnya sebuah ilmu itu tolok ukurnya adalah keumumannya manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar