Sabtu, 23 Maret 2013

allah tidak bertempat adalah tauhid yang tidak diyakini wahabi

قَالَ سيدنا عبد الغني النابلسي الدمشقي الحنفي
telah berkata sayyiduna abdul ghani annablisiy addimisqi al-hanafy
الفتح الرباني والفيض الرحماني (ص/124)
dalam fathurrabbany wal faidlhurrahmani halaman 124

وأما التشبيه: فهو الاعتقاد بأن الله تعا لى يشبه شيئاً من خلقه،
adapun maksud daripada TASYBIH yaitu berkeyakinan bahwasanya allah ta'ala itu menyerupai sesuatu daripada makhluknya
كالذين يعتقدون أن الله جسمٌ فوق العرش،
seperti orang-orang (wahaby) yang berkeyakinan bahwasanya allah adalah berbentuk jisim yang berada di atas arsy
أو يعتقدون أن له يدَين بمعنى الجارحتين،
atau orang orang yang berkeyakinan bahwa sesungguhnya allah itu memiliki dua tangan yang bermakna
dua tangan (makhluk) yang bisa terluka
وأن له الصورة الفلانية أو على الكيفية الفلانية،
atau berkeyakinan bahwasanya allah itu berbentuk seseorang fulan atau yakin bahwa keadaan allah itu
semacam keadaannya seseorang fulan
أو أنه نورٌ يتصوره العقل، أو أنه في السماء،
atau meyakini bahwa sesungguhnya allah adalah sebuah cahaya yang bisa di nalar akal atau yakin bahwa sesungguhnya alloh itu berada di dalam langit
أو في جهةٍ من الجهات الست،
atau meyakini bahwa allah itu berada di antara arah dari arah yang berjumlah enam (atas,bawah,barat,timur,selatan,utara)red
أو أنه في مكان من الأماكن،
atau meyakini bahwa sesungguhnya alloh itu berada di sebuah tempat dari semua tempat di semesta ini
أو في جميع الأماكن،
atau meyakini bahwa allah itu berada diseluruh
tempat / berada di mana mana
أو أنه ملأ السموات والأرض،
atau yakin bahwa allah itu berada di langit dan di bumi
أو أنَّ له الحلول في شىء من الأشياء، أو في جميع الأشياء،
atau meyakini bahwa sesungguhnya alloh itu bertempat (hulul) pada sebuah sesuatu dari semua sesuatu di alam semesta, atau meyakini bahwasanya alloh itu berada di seluruh sesuatu hal
أو أنه متحد بشىء من الأشياء، أو في جميع الأشياء،
atau meyakini bahwa sesungguhnya allah itu menyatu (ittihad) dengan sesuatu hal atau berkeyakinan bahwa sesungguhnya allah itu menyatu disemua sesuatu hal di alam ini
. وجميع ذلك كُفرٌ صريحٌ
ADAPUN SELURUH KEYAKINAN TADI ADALAH KEYAKINAN YANG MENGHANTARKAN PADA KEKAFIRAN SECARA NYATA
والعياذ بالله تعالى،
semoga allah menjaga (kita dari hal hal yang
menyebabkan kafir tadi ) red


الفتاوى الهندية في مذهب الإمام أبي حنيفة
dalam kitab fatawa al-hindiyyah (fiqh madzhab al imam abi hanifah

ج٢ / ٢٥٩ و٢٦١
juz 2 halaman 259 dan 261

dijelaskan
يكفر بإثبات المكان لله تعالى
bisa menyebabkan KEKAFIRAN yaitu sebuah keyakinan bahwasanya allah ta'ala itu menetap pada sebuah tempat


  أن الشافعي قال
sesungguhnya imam assyafi'i berkata
من قال الله جالس على العرش كافر رواه عنه القاضي حسين من أصحاب الوجوه في المذهب
barangsiapa berkata : sesungguhnya allah itu duduk duduk di atas arsy maka orang semacam ini hukumnya adalah KAFIR
adapu
n fatwa imam syafi'i ini diriwayatkan oleh qadhi hussein dari ashabul wujuh madzhabnya imam syafi'i
فى كتاب نجم المهتدى ورجم المعتدى
dan termaktub dalam kitab najmul muhtadhi wa rajmil mu'tadiy
















































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar