Selasa, 04 Juni 2013

fiqh wanita dikala berpuasa


WANITA HAMIL & MENYUSUI YANG TIDAK BERPUASA DAN KONSEKUENSINYA

الحاوى الكبير ـ الماوردى - دار الفكر - (ج 3 / ص 947)
قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ : لَا يَخْلُو حَالُ الْحَامِلِ وَالْمُرْضِعِ فِي إِفْطَارِهِمَا مِنْ أَحَدِ أَمْرَيْنِ : إِمَّا أَنْ يُفْطِرَا لِخَوْفٍ وَحَاجَةٍ أَمْ لَا ؟ فَإِنْ أَفْطَرَتَا بِغَيْرِ خَوْفٍ عَلَيْهِمَا وَلَا عَلَى وَلَدِهِمَا وَلَا حَاجَةٍ دَعَتْهُمَا إِلَى الْإِفْطَارِ مَاسَّةٍ فَحُكْمُهُمَا حُكْمُ الْمُفْطِرِ عَامِدًا فِي الْإِثْمِ وَالْمَعْصِيَةِ ، وَوُجُوبِ الْقَضَاءِ فَأَمَّا الْكَفَّارَةُ فَعَلَى اخْتِلَافِهِمْ فِيهَا ،
وَإِنْ أَفْطَرَتَا لِخَوْفٍ فَذَلِكَ ضَرْبَانِ : أَحَدُهُمَا : أَنْ يَكُونَ الْخَوْفُ عَلَيْهِمَا فِي أَنْفُسِهِمَا وَأَبْدَانِهِمَا ، فَلَا شُبْهَةَ فِي جَوَازِ فِطْرِهِمَا وَوُجُوبِ الْقَضَاءِ عَلَيْهِمَا ، وَلَا كَفَّارَةَ كَالْمَرِيضِ .
وَالضَّرْبُ الثَّانِي : أَنْ يَكُونَ الْخَوْفُ عَلَى الْوَلَدِ وَالْحَمْلِ دُونَ أَنْفُسِهِمَا فَلَا خِلَافَ أَنَّ الْفِطْرَ مُبَاحٌ لَهُمَا ، فَإِذَا أَفْطَرَتَا فَمَذْهَبُ الشَّافِعِيِّ فِي الْقَدِيمِ وَالْجَدِيدِ ، وَمَا نَقَلَهُ الْمُزَنِيُّ وَالرَّبِيعُ أَنَّ عَلَيْهِمَا الْقَضَاءَ وَالْكَفَّارَةَ فِي كُلِّ يَوْمٍ مُدٌّ مِنْ حِنْطَةٍ ، وَبِهِ قَالَ مُجَاهِدٌ وَأَحْمَدُ ،
وَقَالَ الشَّافِعِيُّ : فِي كِتَابِ " الْبُوَيْطِيِّ " تَجِبُ الْكَفَّارَةُ عَلَى الْمُرْضِعِ دُونَ الْحَامِلِ ، وَبِهِ قَالَ مَالِكٌ ،
وَقَالَ أَبُو حَنِيفَةَ وَالثَّوْرِيُّ وَأَبُو عَبِيدٍ وَأَبُو ثَوْرٍ وَالْمُزَنِيُّ : لَا كَفَّارَةَ عَلَى وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا ، وَإِنَّمَا يُسْتَحَبُّ ذَلِكَ لَهُمَا ، وَمِنْ أَصْحَابِنَا مَنْ خَرَّجَهُ قَوْلًا ثَالِثًا لِلشَّافِعِيِّ ، وَمِنْهُمْ مَنْ أَنْكَرَهُ ، وَحُكِيَ عَنْ عُمَرَ وَابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُمَا أَوْجَبَا الْكَفَّارَةَ وَأَسْقَطَا الْقَضَاءَ

Imam al-Mawardy berkata : Wanita hamil dan menyusui tatkala tidak berpuasa tidak akan terlepas dari dua motif : ada kalanya tidak berpuasa karena khawatir dan hajat, ada kalanya tidak.
Maka jika keduanya tidak berpuasa dengan tanpa ada kehawatiran sama sekali baik atas dirinya atau anaknya, maka tidak ada hajat baginya yang menuntut untuk tidak berpuasa. Maka keduanya dihukumi sebagaimana orang yng sengaja meninggalkan puasa dalam sisi dosa, ma’siat dan wajib qodlo’.

Jika tidak berpuasanya dilatar belakangi kehawatiran, maka ada dua macam :
Pertama : Hawatir atas diri dan badan mereka sndiri, (atau hawatir atas diri dan anak skali gus) maka tidak ada syubhat lagi mengenai kebolehan untuk tidak berpuasa dan wajib qodlo’nya. Dan tidak wajib membayar kifarot (diat) sebagaimana orang sakit.

Kedua : hawatir akan anak atau kehamilannya, tanpa hawatir akan diri sendiri, maka tidak ada perselisihan mengenai kebolehan untuk tidak berpuasa. Kemudian jika keduanya tidak berpuasa, maka menurut madzhab Sayfi’i baik Qodim maupun Jadid, dan yang telah dinukil imam al-Muzanny dan ar-Rabi’ : Sesungguhnya wajib bagi keduanya mengqodlo’ dan membeyar kafarot (fidyah) tiap harinya satu mud. Ini juga pendapat imam Mujahid dan imam Ahmad (Hanbaliyyah).
Imam asy-Syafi’i berkata dalam kitab “al-Buwaithy” : Wajib membayar kafarot bagi waita yang menyusui, bukan wanita hamil. Ini juga pendapat imam malik (Malikiyyah)

Imam Abu Hanifah, Sufyan ats-Tsaury, Abu Abid, Abu Tsur dan al-Muzanny berkata ; Tidak wajib kafarot (fidyah) bagi keduanya. Dan sesungguhnya fidyah hanya disunnahkan bagi mereka.
Sebagian Ashab kita (Syafi’iyyah) mengatakan bahwa ini adalah pendapat Imam Syafi’i yang ketiga. Dan sebagian ashab yang lain mengingkarinya (penisbatan pada pendapat imam Syafi’i)

+++++++++++++

WAJIBKAH IBU MENYUSUI ANAK ?

تفسير آيات الأحكام - (ج 1 / ص 156)
الحكم الثاني : هل يجب على الأم إرضاع ولدها؟
Hukum yang kedua ialah : apakah wajib bagi ibu menyusui anaknya ?

ذهب بعض العلماء إلى أنه يجب على الأم إرضاع ولدها لظاهر قوله تعالى : { والوالدات يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ } فهو أمر في صورة الخبر أي : ( ليرضعن أولادهن ) .
وهذا مذهب مالك أن الرضاع واجب على الأم في حال الزوجيّة فهو حق عليها إذا كانت زوجة ، أو إذا لم يقبل الصبي ثدي غيرها ، أو إذا عُدم الأب ، واستثنوا من ذلك الشريفة بالعُرف ، وأما المطلقة طلاق بينونة فلا رضاع عليها ، والرضاع على الزوج إلاّ أن تشاء هي إرضاعه فهو أحق ، ولها أجرة المثل .

Sebagian ulama’ berpendapat bahwa wajib bagi seorang ibu menyusui anaknya. Karena firman allah taala “dan ibu-ibu sebaiknya mereka menyusui anak-anaknya” يرضعن adalah kata perintah yang menggunakan kata khabar, yakni ليرضعن أولادهن .
Ini adalah pendapat madzhab imam malik (malikiyyah) bahwa menyusui itu wajib bagi seorang ibu ketika masih menjadi istri (ikatan pernikahan).
Maka menyusui adalah hak bagi ibu ketika ibu masi bersetatus isrti, atau anak tidak mau menyusu pada puting wanita lain, atau ketika tidak ada bapak. Dan para ulama’ mengecualikan Syarifah.
Adapun wanita yang telah tertalak ba’in (talak tiga), maka tidak ada kewajiban menyusui baginya, dan yang bertanggung jawab masalah menyusui adalah suami. Kecuali jika wanita yang ditalak tadi ingin menyusui anaknya, maka hal ini lebih baik, dan dia mendapatkan ongkos sepadan.


وذهب جمهور الفقهاء إلى أن الأمر هنا للندب ، وأنه لا يجب على الوالدة إرضاع ولدها إلاّ إذا تعينّت مرضعاً بأن كان لا يقبل غير ثديها ، أو كان الوالد عاجزا عن استئجار ظئر ( مرضعة ) ترضعه ، أو قدر ولكنه لم يجد الظئر ،
واستدلوا بقوله تعالى : { وَإِن تَعَاسَرْتُمْ فَسَتُرْضِعُ لَهُ أخرى } [ الطلاق : 6 ] ولو كان الإرضاع واجباً لكلفها الشرع به ، وإنما ندب لها الإرضاع لأن لين الأم أصلح للطفل ، وشفقة الأم عليه أكثر .

Mayoritas ahli fiqh berpendapat bahwa perintah dalam ayat diatas adalah perintah sunnah. Sehingga tidak wajib bagi seorang ibu menyusui anaknya kecuali jika anak tidak mau susu selain susunya, atau bapak tidak mampu menyewa wanita yang bisa menyusuinya, atau mampu namun tidak ditemukan wanita yang mau menyusui.
Mereka berdalil dengan firman allah “Dan jika kamu menemui kesulitan, maka wanita lain bileh menyusuinya (anak)” . dan jika menyusui anak adalah wajib, maka syara’ pasti menuntut demikian. Dan sesungguhnya disunnahkan bagi ibu menyusui anaknya, karena kasih dan kelembutan ibu lebih patut untuk bayi. Juga belas kasih ibu pada anak lebih banyak.

1 komentar:

  1. MAAF SAYA HANYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA ANDA YANG PENGGILAH TOGEL KALAU , AWALNYA ITU SAYA CUMA PENJUAL KERUPUK KELILIN YANG PENDAPATANNYA TIDAK SEBERAPA., SAYA PUNYA TIGA,ANAK DAN HUTAN KAMI PUN TAMBAH MENUMPUK, ANAK JUGA BUTUH BIAYA SEKOLAH,DAN AKHIRNYA SAYA DIPERTEMUKAN DENGAN NOMOR HP MBAH SURYO , DAN MENCERITAKAN SEMUANYA,AKHIRNYA SAYA DI KASIH ANGKA GHOIB 4D, ALHAMDULILLAH ITU PUN TEMBUS,DAN DENGAN ADANYA BANTUAN DARI MBAH SURYO , SEMUA HUTANG SAHUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARANG INI SAYA SUDAH BUKA USAHA SENDIRI!!! INI KISAH NYATA DARI SAYA DAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN. SENDIRI,BAGI YANG BERMINAT HUB MBAH SURYO DI NOMOR INI ; 082-342-997-888

    BalasHapus